DPRD Siap Percepat Pembahasan Raperda RTRW

24 Jul 2019 - 02:40:09 Oleh: Achmad M



TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Tahapan revisi Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Bulungan terus berproses. Meski sebelumnya draf dokumen Raperdanya sudah disusun,  hingga saat ini masih bergulir di ranah Pemkab Bulungan, untuk penyempurnaan dokumen hukumnya. Oleh DPRD Bulungan juga belum menerima usulan draf Raperda dari Pemkab Bulungan.

Ketua DPRD Bulungan Syarwani mengatakan, pihaknya juga turut mengatensi hal tersebut. Terlebih dengan waktu yang ada. Harapannya pembahasan dilakukan, sebelum berakhirnya masa jabatan anggota DPRD periode ini.

“RTRW itu krusial. Harapan kita bersama sebelum 12 Agustus 2019 sudah bisa kita tuntaskan. Kita masih optimis, karena jika berkaitan peraturan daerah saja tidak begitu sulit. Hanya saja dalam tata ruang itu ada kaitannya dengan institusi lain. Termasuk dari kementerian, maka memang perlu waktu dalam prosesnya,” ujar Syarwani.

Pihaknya dalam hal ini juga siap melakukan percepatan, akan tetapi kaitannya dengan kelengkapan dokumen RTRW sendiri seperti acuannya Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), tentu saja juga perlu dilengkapi dulu. “Saya yakin dengan teman-teman di Pemda (Pemkab Bulungan), apalagi oleh Bappeda juga sudah siap,” katanya.

Dengan adanya revisi RTRW itu, Syarwani berharap ke depan bisa menjawab berbagai hal yang saat ini dilakukan. Terutama dalam hal pembangunan. “Memang perlu kita sinergikan. Terutama Bulungan sebagai dasar melakukan revisi sudah jelas, seperti adanya beberapa program straregis nasional. Dan itu menuntut untuk dilakukan perubahan tata ruang. Suka tidak suka, kita harus lakukan itu. Jangan sampai ketika kita tidak melakukan proses itu dianggap menghambat,” imbuhnya.

Disinggung draf raperda RTRW, dirinya menyampaikan informasi yang ia peroleh secara lisan, dimungkinkan Rabu (17/7/2019) draf sudah diserahkan oleh Pemkab Bulungan ke DPRD. Pihaknya hanya menunggu draf untuk kemudian dilakukan pembahasan.

“Pasti mekanismenya ada penyampaian dan lain sebagainya. Nah, kami juga pastinya akan melakukan langkah-langkah percepatan pembahasan, bisa saja kita bahas dulu dan untuk penyampaian dilakukan selanjutnya,” ungkap Syarwani.

Sebelumnya, Kepala Bappeda dan Litabang Bulungan M Isnaini, pihaknya bersama tim mengejar penyelesaian dan merampung draf Raperda, sambil menunggu penyelesaian dokumen acuan berupa Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). “Kita masih berharap Juli ini selesai. Kita lihat perkembangan selanjutnya,” katanya.

Diakuinya, untuk KLHS juga masih akan dilakukan uji publik. Untuk itu dilakukan langsung oleh tim. Tak dipungkirinya pihaknya juga perlu mengejar waktu yang ada, khawatir tidak sesuai target. Seperti diketahui, pihaknya berharap revisi itu tuntas sebelum anggota DPRD diganti. (*)

Sumber : http://korankaltara.com





Kembali

Pencarian Berkas

Link Produk Hukum

Link JDIH

Jumlah Pengunjung

TOTAL
Visitor : 87581
Page Hits : 344692
HARI INI
Visitor : 351
Page Hits : 1073

© 2016 - 2019 Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Utara