Pembahasan Sinkronisasi Penghubung Legal Drafting Pemrakasa

21 Jan 2022 - 04:17:37 Oleh: Sheila Karina



[Tanjung Selor, 20/01/2021] Biro Hukum Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara telah mengadakan rapat Pembahasan Sinkronisasi Penghubung Legal Drafting Pemrakasa. Rapat ini dihadiri oleh perwakilan masing-masing OPD sebagai Person In Charge dalam mengelola draft produk hukum daerah yang akan diajukan ke Biro Hukum. Pembahasan ini dipimpin oleh Kepala Biro Hukum Pemprov Kaltara, Muhammad Gozali, S.E, M.H. Kepala Biro Hukum menuturkan bahwa setiap OPD harus memiliki perwakilan selaku Person In Charge sebagai perpanjangan tangan dari Biro Hukum. Perwakilan ini yang kemudian akan berhubungan dengan Biro Hukum terkait dalam pengajuan draft produk hukum daerah. Dengan adanya perwakilan dari masing-masing OPD ini diharapkan dapat mempercepat proses pembentukan produk hukum daerah Kalimantan Utara.

Selanjutnya pembahasan legal drafting dijelaskan oleh Kepala Sub Bagian Penetapan Perundang-Undangan, Bapak Dian Hidayat, S.H. Bapak Dian menjelaskan bahwa mekanisme penyerahan draft itu berubah” lagi dalam OPD, sebaiknya draft itu rdiapatkan terlebih dulu, contoh nya Dinas  Kehutanan ingin mengajukan peraturan terkait teknologi alat kehutanan, maka harus dirapatkan terlebih dulu, dan jika hasil rapat telah final dapat diajukan ke Biro Hukum dengan  dibuat surat pengantar ke Kepala Biro Hukum.

Turut serta juga Kepala Bagian Peraturan Perundang-Undangan, Ibu Hj. Trianingsih Widiati, S.Hut, M.AP. Beliau menuturkan bahwa apabila OPD mengajukan peraturan yang kemudian akan dibahas di rapat dewan, maka pada saat pembahas paling tidak harus menghadirkan perwakilan dari OPD terkait dengan pejabat minimal setingkat Eselon III.





Kembali

Pencarian Berkas

Link Produk Hukum

Link JDIH

Jumlah Pengunjung

TOTAL
Visitor : 754688
Page Hits : 1226541
HARI INI
Visitor : 313
Page Hits : 465

© 2016 - 2022 Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Utara