KUNJUNGAN BIRO HUKUM SETPROV KALTARA KE BIRO HUKUM SETPROV JAWA TENGAH

23 Nov 2021 - 02:58:17 Oleh: Sheila Karina



[Tanjung Selor, 23/11/21] Kunjungan ke Biro Hukum Provinsi Jawa Tengah menghasilkan banyak materi yang dapat menjadi pelajaran bagi Biro Hukum Provinsi Kalimantan Utara, terutama untuk sub bagian Dokumentasi dan Informasi Hukum yang mengelola JDIH. Sub Bagian Dokumentasi dan Informasi Hukum Provinsi Jawa Tengah memiliki banyak tupoksi yang menarik, akan tetapi yang menjadi fokus khusus bagi Biro Hukum Kalimantan Utara adalah salah satunya bahwa JDIH pemprov Jawa Tengah melakukan kegiatan fasilitasi pengelolaan website JDIH di 35 kabupaten/kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Bentuk fasilitasi yang mereka lakukan adalah pengarahan mengenai pengelolaan website kabupaten/kota yang sesuai standar  peraturan menteri mengenai pengelolaan website JDIH.

Bagian JDIH Pemprov Jawa Tengah juga selalu mengadakan bimbingan teknis setiap tahunnya ke bagian hukum kabupaten/kota. Biro Hukum Pemprov Jawa Tengah juga memiliki data center produk hukum di seluruh Jawa Tengah, produk hukum ini termasuk peraturan-peraturan yang diterbitkan di pemerintah daerah kabupaten/kota di bawah provinsi Jawa Tengah. Data center ini adalah salah satu kelebihan dari JDIH Provinsi Jawa Tengah dibandingkan dengan JDIH milik provinsi lain. Data center ini mengumpulkan seluruh produk hukum daerah yang ada termasuk milik kabupaten/kota, dan juga sekaligus menjadi backup file apabila website jdih kabupaten/kota diserang hacker dan kehilangan data produk hukum utamanya. Apabila data produk hukum di website kabupaten/kota hilang, pihak jdih kabupaten/kota dapat mengambil kembali data yang telah hilang di data center yang dikelola jdih pemprov jawa tengah. 

Data center tersebut dikelola sepenuhnya oleh bagian jdih pemprov Jawa tengah. Bagian teknis IT Biro Hukum pemprov Jawa Tengah cukup memasukan sebuah script ke dalam website setiap kabupaten/kota, sehingga ketika bagian hukum kabupaten/kota mengupload produk hukum ke website mereka masing-masing, secara otomatis produk hukum yang diupload akan terganda ke data center milik JDIH pemprov Jawa Tengah. 

Bagian JDIH Biro Hukum pemprov Jawa Tengah juga menyelenggarakan JDIH Award untuk kabupaten/kota. JDIH Award ini memberikan penghargaan bagi pengelola terbaik JDIH Kabupaten/Kota. JDIH Award ini berfungsi sebagai penyemangat untuk jdih kabupaten/kota agar semakin berinovasi dalam mengelola JDIH.

Pemprov Jawa Tengah juga memiliki Perpustakaan Biro Hukum. Perpustakaan ini awalnya adalah perpustakaan umum yang dikelola oleh Biro Umum, akan tetapi beberapa tahun lalu pengelolaan perpustakaan tersebut dilimpahkan ke Biro Hukum. Oleh karena itu pendataan buku di perpustakaan tersebut terbagi dua, yang pertama adalah database dari buku-buku umum dan database buku-buku hukum. Perpustkaan Biro Hukum Jawa Tengah ini juga menggunakan sistem informasi perpustakaan.

Bagian JDIH Biro Hukum Pemprov Jawa Tengah juga memiliki aplikasi android yang bernama PELITA JATENG (Pencari Literature Peraturan Jawa Tengah). Aplikasi ini terintegrasi dengan data center yang telah dipaparkan sebelumnya.

Agar kegiatan Biro Hukum di pemprov Jawa Tengah berjalan dengan baik, mereka menggunakan sistem program kerja, sehingga kegiatan mereka selalu terarah dan sesuai target.

 





Kembali

Pencarian Berkas

Link Produk Hukum

Link JDIH

Jumlah Pengunjung

TOTAL
Visitor : 506406
Page Hits : 907686
HARI INI
Visitor : 910
Page Hits : 1175

© 2016 - 2022 Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Utara