Dewan Minta Traffic Light yang Rusak Segera Diperbaiki

24 Jul 2019 - 07:32:58 Oleh: Achmad M



TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kerusakan beberapa lampu rambu lalulintas atau traffic light di Tanjung Selor, mengundang perhatian Ketua DPRD Bulungan, Syarwani. Dia minta Pemkab Bulungan melalui instansi terkaitnya untuk segera melakukan perbaikan.

Menurut dia, akibat kerusakan traffic light tersebut, dapat mengganggu ketertiban lalulintas. Bahkan bisa mengancam keselamatan pengguna jalan. “Dinas terkait harus memperhatikan hal tersebut. Jika traffic light itu rusak segera perbaiki. Jangan sampai ada hal yang tidak diinginkan baru diperbaiki,” ucapnya, Rabu (17/7/2019).

Sementara itu, secara terpisah Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada Dinas Perhubungan (Dishub) Bulungan Mulyono mengatakan, sebenarnya traffic light itu sudah diusulkan kepada provinisi untuk diganti. Sebab, saat ini pihaknya belum memiliki anggaran yang cukup untuk mengganti traffic light.

“Kita sudah mengajukn usulan ke provinsi, bahkan melalui kementerian juga sudah kita usulkan agar dapat diganti melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” ungkapnya kepada Koran Kaltara.

Pihaknya mengakui sulit untuk melakukan perbaikan, jika mengandalkan APBD kabupaten. Untuk mengganti satu traffic light yang dipasang di simpang empat itu, dikatakan membutuhkan biaya kurang lebih Rp 600 juta. “Itu baru satu traffic light. Kita di Tanjung Selor ini kurang lebih ada empat  yang terpasang di simpang empat,” ujarnya.

Sejauh ini, yang bisa dilakukan hanya sebatas perawatan ringan saja. Meski perawatan itu juga tidak akan bisa memaksimalkan traffic light. Karena kondisi traffic light sudah tua. “Traffic light yang kita pasang itu kan traffic light model lama. Bukan yang model baru seperti sekarang ini,” jelasnya.

Ke depan, pihaknya juga berencana mengubah suplai daya traffic light. Kalau yang sekarang ini masih menggunakan tenaga surya, ke depan diupayakan daya langsung dari PLN. “Tenaga surya ini susah perawatannya, dan cepat rusak. Jadi lebih baik langsung dari PLN saja dayanya,” kata Mulyono. (*)





Kembali

Pencarian Berkas

Link Produk Hukum

Link JDIH

Jumlah Pengunjung

TOTAL
Visitor : 69353
Page Hits : 261993
HARI INI
Visitor : 423
Page Hits : 567

© 2016 Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Utara, powered by JMC IT Consultant