Tim Saber Kantongi Bukti Adanya Pungli

24 Jul 2019 - 02:53:15 Oleh: Achmad M



TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Ketua Pelaksana Saber Pungli Kaltara, Kombes Pol Edy Kaolana mengatakan, pihaknya saat ini terus melakukan penyelidikan terhadap dugaan pungutan liar (Pungli) di beberapa daerah di Kaltara. Beberapa dugaan pungli terutama di sentra pelayanan sudah menjadi incaran pihaknya. Akan tetapi, beberapa dugaan itu, sementara hanya mendapatkan peringatan.

Edy mengatakan, untuk saat ini belum ada penindakan. Karena setelah dikukuhkan pada tahun 2018 lalu, Satgas Saber Pungli Kaltara memang lebih mengedapan pembinaan dibandingkan penegakan hukum. “Kita biasanya itu lebih mengedapan pembinaan terlebih dulu. Kalau memang masih bisa kita bina, pasti kita akan bina. Karena, kalau misalnya punglinya kecil, terus biaya prosesnya besar. Itu pasti akan bina dulu,” ujarnya, kepada Koran Kaltara.

Ia mengungkapkan, bidang pelayanan memang rentan adanya mal administrasi dalam memuluskan suatu kegiatan. Untuk memudahkan suatu kegiatan itu, tentu ada pembayaran yang dilakukan oleh oknum yang secara aturan tidak diperbolehkan. Pihaknya juga sudah memerintahkan seluruh kepala UPT yang dijabat oleh seluruh Wakapolres di wilayah hukum Polda Kaltara untuk menyelidiki. Penyelidikan itu juga tidak hanya di intitusi Polri, melainkan juga di seluruh intitusi.

“Pungli ini memang sudah menjadi perintah juga. Semuanya kita selidiki, tidak ada prioritas termasuk ke dalam (institusi Polri). Semua Wakapolres termasuk juga Kapolres saya sudah perintahkan untuk penyelidikan dan penindakan ketika memang ada kasus pungli yang cukup besar. Kita tidak akan main-main dengan pungli ini,” tegasnya.

Selama ini, Kendala di lapangan sendiri belum ada yang berarti. Target seberapa banyak dia tidak pastikan, yang jelas mengarah kepada objek manusianya. Untuk itu, pria yang juga menjabat sebagai Irwasda Polda Kaltara itu mengingatkan bahwa, kepada oknum yang hingga saat ini masih melakukan praktek Pungli, untuk segera di hentikan. Karena, untuk tim Satgas Saber Pungli tidak hanya dari kalangan kepolisian melainkan dari berbagai kalangan.

“Untuk nominalnya yang masuk penindakan tidak ada batasan, yang jelas pungutan itu tidak berdasarkan aturan hukum yang berlaku. Tanda kutip aturan yang dibuat ngarang dan bisa jadi ladang pungli itu sasaran kita. Tapi tentu kita lebih mengedepankan pembinaan dulu. Tapi kalau sudah kita ingatkan tapi masih melakukan lagi, kita pasti tidak memiliki pilihan lain selain proses,” kata Edy. (*)





Kembali

Pencarian Berkas

Link Produk Hukum

Link JDIH

Jumlah Pengunjung

TOTAL
Visitor : 87596
Page Hits : 344707
HARI INI
Visitor : 366
Page Hits : 1088

© 2016 - 2019 Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Utara